Cara Screenshot di Layar Laptop Windows XP, 7, 8, 10




Postingan kali ini adalah tentang bagaimana cara meng screenshot layar atau screen di laptop dan pc. Buat teman-teman yang sudah terbiasa boleh dikatakan cara ss layar laptop sudah menjadi hal sepele. Tapi tentunya akan berbeda jika teman-teman yang belum pernah melakukannya dan pas kebetulan butuh saat ini. Lalu teman-teman ketemu artikel ini, maka tepat kalau kalian membaca tulisan post berikut.


Cara Screenshot di Laptop tanpa Software

Cara screenshot layar di laptop sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cukup teman-teman menekan tombol Print Screen Sys Rq pada keyboard laptop atau pc. Cara ini berlaku untuk semua jenis OS Windows, mulai dari XP, Vista, Windows 7, Windows 8, 8.1 sampai Windows 10. Berlaku untuk semua jenis dan merk laptop atau pc, seperti laptop Hp, Acer, Asus dan lainnya.

Cara screenshot selanjutnya di laptop ialah dengan menekan tombol Alt + Print Screen Sys Rq pada keyboard. Fungsinya dengan yang pertama adalah sama-sama untuk capture layar di laptop. Bedanya adalah kalau cuma tekan tombol Print Screen Sys Rq maka seluruh layar akan tercapture. Sedangkan yang satunya Alt + Print Screen Sys Rq fungsinya hanya meng screenshot jendela kerja yang aktif pada layar windows. Kedua cara ini berlaku baik itu windows XP, Vista, 7, 8, 8.1 dan Win 10.

Gambar di bawah ini merupakan contoh hasil capture atau screenshot layar penuh menggunakan tombol Print Screen Sys Rq pada keyboard di laptop.

Cara Screenshot di Layar Laptop Windows XP, 7, 8, 10 - cara screenshot di laptop acer
screenshot di laptop acer

Berikut contoh hasil capture di laptop menggunakan tombol Alt + Print Screen Sys Rq pada keyboard.

Cara Screenshot di Layar Laptop Windows XP, 7, 8, 10 - cara capture di laptop
cara capture di laptop
Pada gambar di atas, terlihat yang tercapture atau screenshoot hanya satu jendela aktif atau jendela yang sedang dibuka saja. Jadi tidak keseluruhan layar yang terekam ke dalam gambar.

Adapun menggunakan cara screenshot tanpa aplikasi di atas dengan menggunakan bantuan keyboar laptop atau pc, teman-teman bisa menyimpannya menggunakan bantuan Paint yang sudah tersedia di Windows.


Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Lightshot

Cara meng screenshot di laptop kali ini menggunakan bantuan software aplikasi gratis namanya Lightshot. Aplikasi gratis untuk ss layar laptop ini bisa diinstal ke sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1 dan 10. Aplikasi Lightshot sangat simple penggunaannya namun powerfull.

Cara Screenshot di Layar Laptop Windows XP, 7, 8, 10
Download Lightshot for free

Saya pribadi sangat suka menggunakan aplikasi ss layar yang satu ini. Teman-teman bisa mencoba langsung dengan mendownload software Lightshot secara free disini Lightshot for Windows dan Lightshot for Mac.

Cara menggunakannya sangat sederhana. Setelah software terinstall maka nanti akan muncul di bagian bar windows sebelah kanan layar bagian bawah. Selanjutnya untuk mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol Print Screen Sys Rq pada keyboard. Maka otomatis layar laptop akan remang dan siap untuk teman-teman tentukan bagian layar mana yang mau di ss screenshot.

Setelah di ss nanti ada pilihan apakah mau disimpan langsung ke laptop atau mau di copy paste kan langsung ke dokumen, atau ke photoshop, paint dan lain-lain.

Bisa juga setelah melakukan ss dan pilih simpan di clipboard lalu teman-teman langsung paste ke inbokan facebook teman-teman. Sangat gampang sekali!

Demikian postingan tentang Cara Screenshot di Layar Laptop Windows XP, 7, 8, 10. Mudah-mudahan bisa dipahami yah dan langsung action biar tidak lupa! Semoga bermanfaat.

Sekedar info buat teman-teman yang sudah membaca artikel saya, teman-teman bisa menemukan channel saya di youtube juga, namanya Tutorial Channelz. Jangan lupa subscribe yah! Link ke youtube lewat sini:

Tutorial Channelz 


Teman-teman bisa request tutorial disini maupun langsung lewat komentar di youtube.

Video Cara Screenshot di layar laptop 

(menyusul)


cara meng screenshot di laptop ss windows 7 8 acer capture hp asus gambar

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Screenshot di Layar Laptop Windows XP, 7, 8, 10"